SPESIFIKASI SUZUKI SX4 X-OVER (2007-2012)

SPESIFIKASI SUZUKI SX4 X-OVER (2007-2012)

July 21, 2019 1 By admin

Diperkenalkan tahun 2007 di Indonesia, Suzuki SX4 X-Over menjadi pioneer sekaligus crossover pertama di Tanah Air pada saat itu. Tidak adanya kompetitor di segmen crossover, membuat penjualan Suzuki SX4 X-Over sukses menorehkan angka yang gemilang.

Kesuksesan Suzuki SX4 X-Over memberikan ide baru untuk mulai merakit crossover ini secara CKD di Indonesia di tahun 2008 untuk menekan biaya produksi dan memenuhi permintaan pasar. Hebatnya lagi, berbeda dengan kebanyakan mobil Jepang di Indonesia, versi CKD dari Suzuki SX4 X-Over dipasarkan tanpa pengurangan fitur sama sekali, malah ditambahkan rem cakram untuk roda belakangnya.

Bicara soal desain, Suzuki SX4 X-Over hadir dengan nuansa berbeda dengan mobil Jepang lainnya. Karya ItalDesign membuat Suzuki SX4 X-Over bergaya Eropa. Desain mungilnya dengan dimensi yang kompak membuat mobil ini menjadi salah satu mobil dengan desain terbaik. Tentunya bukan bagi semua orang, aliran gaya desain Jepang masih mendarah daging bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Beralih ke Interior, Suzuki SX4 X-Over dibangun dengan “niat membuat mobil”, berbeda dengan mobil lain di rentang harga yang sama. Memang, material dashboard masih menggunakan plastik keras yang mana masih wajar untuk harganya, namun kualitas finishing-nya bisa dibilang cukup rapi.

Fitur yang dibekalkan juga cukup mumpuni, mulai dari head unit yang terintegrasi (meskipun tanpa layar), steering wheel audio control, spion lipat elektrik, hingga banyaknya jumlah speaker termasuk midbass untuk versi facelift. Versi facelift juga memiliki instrument meter yang modern di jamannya yang lengkap dengan MID.

Soal keselamatan, Suzuki SX4 X-Over dibekali dengan dual front airbags, ABS, EBD, hingga brake assist yang sudah cukup memadai di masanya. Keamanan pun juga terjaga dengan alarm system serta engine immobilizer pada anak kuncinya meskipun belum ada keyless entry dan push start engine button.

Akan tetapi, soal permesinan Suzuki SX4 X-Over bukanlah yang terbaik. Spek standar di-downgrade rasio kompresinya dari 10.5:1 menjadi 9.5:1 sehingga hanya menghasilkan tenaga sebesar 100 PS dengan torsi 133 Nm. Tenaganya terasa kurang khususnya diputaran bawah untuk menghela mobil mungil yang berbobot 1.2 ton ini (hampir setara dengan Rush/Terios gen 1). Kebijakan ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk mengakomodasi kualitas BBM di Indonesia saat itu.

Yang menjadi kelebihan utama dari Suzuki SX4 X-Over adalah stabilitas pengendaliannya. Dengan ground clearance yang cukup tinggi, Suzuki SX4 X-Over memiliki handling yang bahkan lebih baik dari hatchback seperti Toyota Yaris dalam melahap tikungan di kecepatan tinggi. Gejala body-roll sangat minim dan terasa sangat stabil.

Namun, soal kenyamanan menjadi masalah lain. Handling presisi ini menuntut karakter suspensi yang keras yang berujung pada bantingan kurang nyaman. Bobot stir yang dirasa terlalu berat juga menjadi halangan ketika bermanuver di tempat parkir, khususnya untuk pengemudi wanita.

Specifications

GENERAL INFORMATION
Brand Suzuki
Model SX4 (X-Over)
Model Years 2007-2012
Class Crossover, FWD
Rival Nissan Juke, Honda HR-V, Chevrolet Trax
EXTERIOR
Headlights Halogen (Prefacelift), HID Projector(Facelift), LED (RC1)
Foglamps Yes, halogen
Taillights Halogen, LED (RC1)
Overfender Yes, material color
Roof-rail Yes
Rear Spoiler RC1 trimline only
Wheel 16″ Alloy Wheels
Tires 205/60 R16
INTERIOR
Passanger Capacity 5 passanger
Seating Configuration 5-seater (2-3)
Dashboard Material Plastics (hard plastics)
Seating Material Fabric
Seating Adjustment 6-way manual for driver
Steering Adjustment Tilt only
DIMENSION
Length 4135 mm
Width 1755 mm
Height 1650 mm
Wheelbase 2500 mm
Ground Clearance 175 mm
Min. Turning Radius 5.3 m
PERFORMANCE
Engine 1.5L M15A DOHC VVT
Configuration 4 inline cylinders, 16 valves
Compression Ratio 9.5:1
Max Power 100 PS / 6000 rpm
Max Torque 133 Nm / 4000 rpm
Fuel Gasoline
Fuel System Multi-point Injection
Fuel Efficiency 8-14 km/l (Combination)
DRIVE TRAIN
Steering Rack & Pinion (EPS)
Transmission 5-speed M/T, 4-speed A/T
Drive System FWD
CHASSIS
Front Suspension MacPherson Strut
Rear Suspension Torsion Beam
Front Brakes Ventilated Disc
Rear Brakes Drum (CBU), Disc (CKD)
FEATURES
– Integrated Head Unit with AUX-in
– MID
– Steering Wheel Audio Control Switch
– Tilt Steering
– Analog AC with Heater
– Electric Retractable Side Mirrors
– HID Projector Headlights (Facelift)
– LED Headlights (RC1)
– LED Rear Combination Lamps (RC1)
– Dual Front Airbags
– ABS
– EBD
– Brake Assist
– Engine Immoblizer
– Alarm System

Design

Suzuki SX4 X-Over RC1

Suzuki SX4 X-Over RC1

Suzuki SX4 X-Over Facelift

Suzuki SX4 X-Over Facelift

Suzuki SX4 X-Over Prefacelift

Suzuki SX4 X-Over Prefacelift

Suzuki SX4 X-Over (White)

Suzuki SX4 X-Over (White)

Suzuki SX4 X-Over (Red)

Suzuki SX4 X-Over (Red)

Interior Suzuki SX4 X-Over Prefacelift

Interior Suzuki SX4 X-Over Prefacelift

Is it Worth to Buy?

Yes, even better built quality and handling than mainstream Japanese Hatchback. Suzuki SX4 X-Over layak untuk dipinang mengingat harga bekasnya cukup terjangkau. Dengan harga yang relatif murah, Suzuki SX4 X-Over menawarkan built quality yang cukup baik, fitur yang mumpuni, dan handling yang jempolan. Drawback utama dari mobil ini adalah bantingannya yang keras, sangat terasa bagi penumpang belakang. Stir yang berat juga menjadi pertimbangan untuk calon pengemudi wanita. Disamping dua kekurangan utama ini, Suzuki SX4 X-Over memiliki value for money yang cukup baik.

Ada juga varian lain yaitu X-Road. Bisa dibilang ini adalah versi hatchback sekaligus versi termurahnya. Dikatakan hatchback karena tidak memiliki roof-rail dan overfender sehingga tidak memiliki kesan SUV. Namun, terlalu banyak fitur yang disunat membuat X-Road tidak populer dan discontinued lebih awal.

Others

Seluk Beluk tentang Suzuki SX4: Suzuki SX4 All Generations

Penerus: Suzuki SX4 S-Cross Facelift

Crossover 1.5L or smaller:

Crossover bigger than 1.5L: