SPESIFIKASI NISSAN ALL NEW SERENA C27 (2019)

SPESIFIKASI NISSAN ALL NEW SERENA C27 (2019)

April 21, 2019 0 By admin

Nissan Serena memasuki babak baru dengan diluncurkan Nissan All New Serena 2019 dengan kode bodi C27. MPV Boxy ini merupakan salah satu yang paling populer sejak awal kemunculannya di kelas ini. Nissan percaya bahwa produk barunya ini mampu menyaingi Toyota Voxy yang sering dianggap sebagai “Baby Vellfire”.

Design

Exterior

Untuk desain eksterior, Nissan Serena C27 masih mewarisi beberapa bentuk dari pendahulunya, C26. Bagian samping adalah bagian yang paling terlihat sama dengan C26, dengan bentuk kotak dan kaca yang sangat besar dan lebar layaknya akuarium.

Nissan Serena C27 merupakan High-roof MPV yang nyaman, dengan fitur-fitur modern seperti foot sensor untuk membuka power sliding door hingga camera 360

Desain Eksterior Nissan Serena C27

Bagian depan mendapat penyegaran menjadi lebih gagah namun juga elegan. Bumpernya terlihat lebih besar, dengan grill bertingkat. Lampu depannya juga bertingkat yang sayangnya mengingatkan kita pada rivalnya, Toyota Voxy. Untuk penerangan, tipe Highway Star sudah dilengkapi dengan LED Projector berikut dengan LED DRL.

Bagian belakang cukup mendapat perubahan yang signifikan. Bagian belakang yang mirirp dengan Isuzu Elf pada seri C26 dirombak menjadi lebih boxy dengan guratan tajam. Pintu bagasi dapat dibuka secara penuh maupun hanya kacanya saja.

Interior

Interiornya Nissan Serena C27 masih mengandalkan warna hitam sebagai warna utama. Meskipun warna gelap berdampak negatif pada aura keleluasaan kabin, ruang kabin Nissan Serena C27 masih terasa lapang. Dimensi memang kagak bohong.

Nissan Serena C27 merupakan High-roof MPV yang nyaman, dengan fitur-fitur modern seperti foot sensor untuk membuka power sliding door hingga camera 360

Desain Interior Nissan Serena C27 dengan Captain Seats

Nissan Serena C27 merupakan High-roof MPV yang nyaman, dengan fitur-fitur modern seperti foot sensor untuk membuka power sliding door hingga camera 360

Desain Dashboard Nissan Serena C27

Penyususunan dashboard kini dibuat lebih rapi dan modern. Tidak plain seperti pendahulunya. Yang paling menyenangkan, dashboard-nya kini ditambahkan plastik lunak/soft touch untuk menambah kesan mewah dan mahal.

Features

Exterior

Nissan Serena C27 memang dibekali dengan berbagai tambahan fitur yang oke. Power sliding door di kiri dan kanan memiliki foot sensor sehingga dapat dibuka hanya dengan gerakan kaki, mirip dengan power back door mobil-mobil kelas atas. Fitur ini hanya dimiliki oleh Nissan Serena C27 untuk saaat ini.

Interior

Selain kualitas dashboard yang makin mantap, Nissan Serena C27 juga dibekali dengan integrated MID yang keren. MID  full color ini dapat menampilkan informasi mengenai mobil, tachometer, hingga all around view monitor yang sudah dibekalkan pada MPV ini. MID ini diletakkan disamping instrument meter digital.

Nissan Serena C27 merupakan High-roof MPV yang nyaman, dengan fitur-fitur modern seperti foot sensor untuk membuka power sliding door hingga camera 360

MID full color, lengkap dengan tachometer, status mobil, hingga camera 360.

Untuk jok kedua, Nissan Serena C27 mengadopsi jok model captain seat yang merupakan fitur wajib bagi sebuah Medium High-roof MPV a.k.a MPV roti tawar kelas menengah (yang tidak dimiliki Mazda Bianta). Jangan khawatir, captain seat-nya kali ini sudah proper, dengan ukuran yang pas dan nyaman, tidak kekecilan seperti pada C24.

Safety & Security

Nissan Serena C27 dibekali dengan fitur keselamatan yang memadai. MPV ini memiliki banyak airbags, mulai dari dual front, side airbags, hingga curtain airbags di semua baris. ABS, EBD, dan Brake Assist sudah jelas menjadi standar di kelas ini. Stability Control (VDC) pun juga sudah tersedia untuk mengkompensasi handlingnya ketika bermanuver.

Untuk keamanan mobil sendiri, Nissan Serena C27 dibekali dengan smart key (passive keyless entry) termasuk immobilizer. Alarm system dengan sensor getar juga sudah menjadi standar.

Driving Impression

Untuk performa, tak ada perbedaan signifikan dari generasi pendahulunya, mengingat mesin dan transmisinya masih sama. Mesin 2000 cc mungkin terasa agak kecil untuk body sebesar ini, namun masih mumpuni untuk sekedar mudik antar provinsi. Positifnya, penyaluran tenaga mesin cukup halus apalagi dengan transmisi CVT.

Soal handling, tak perlu berharap banyak pada sebuah MPV roti tawar yang bongsor ini. Suspensi yang terkenal empuk juga menjadi pemicu buruknya handling yang untungnya dibantu oleh Stability Control. Namun, untuk urusan kenyamanan, Nissan Serena C27 termasuk jempolan.

Technical Specs

GENERAL INFORMATION
Brand Nissan
Model Serena C27
Model Years 2019
Segment / Class MPV, Medium MPV, High-roof MPV
Rival Toyota Voxy (Noah), Mitsubishi Delica, Mazda Biante
EXTERIOR AND DIMENSION
Length 4770 mm
Width 1740 mm
Height 1865 mm
Wheelbase 2860 mm
Ground Clearane 160 mm
Front Tread 1480 mm
Rear Tread 1485 mm
Min. Turning Radius 5.7 m
Wheel (Rims) 16″ Alloy Wheel
Tire 195/60 R16
PERFORMANCE
Engine 2.0L MR20 DOHC DCVVT
Configuration 4 inline cylinder, 16 valve
Displacement 1997 cc
Max Power 150 PS / 6000 rpm
Max Torque 200 Nm / 4400 rpm
Fuel Gasoline
Fuel System EFI
Fuel Efficiency 7-10 km/l (dalkot), 8-14 km/l (lukot)
Fuel Tank 60 liter
STEERING, TRANSMISSION, AND DRIVE TRAIN
Steering Rack & Pinion
Transmission CVT
Drive System FWD
CHASSIS
Chassis Platform Monocoque, Unibody
Front Suspension Independent MacPherson Strut with Stabilizer
Rear Suspension Torsion Beam with Stabilizer
Front Brakes Ventilated Disc
Rear Brakes Solid Disc
FEATURES
– 7″ Capacitive Touchscreen Head Unit with Smartphone Connectivity
– 11″ Roof Monitor Rear Entertainment System
– 6 Speakers
– Steering Wheel Audio Control
– Cruise Control
– Tilt & Telescopic Steering
– Digital Instrumet Meter
– Integrated Color MID with All Around View Monitor (360)
– 7 Power Outlets
– Push Start Engine
– Leather Seats
– Front Individual Armrest
– 2nd Row Captain Seats
– Front and Rear Parking Sensors
– Dual Front Airbags
– Side Airbags
– All Rows Curtain Airbags
– ABS
– EBD
– Brake Assist
– Vehicle Dynamic Control (VDC)
– Keyless Entery
– Engine Immobilizer
– Alarm System

Is It Worth to Buy?

Yes, Absolutely. Prioritas utama bagi sebuah MPV boxy adalah kenyaman penumpang, bukan handling, apalagi performa balap. Siapa juga yang butuh kemampuan bermanuver meliuk-liuk dari sebuah MPV roti tawar?

Nissan Serena C27 memang memiliki suspensi yang lembut dan nyaman, namun untuk melewati jalanan mendaki berbelok-belok, alangkah baiknya mempersiapkan vommit bag untuk penumpang.

Nissan Serena dibanderol dengan harga di kisaran 450 jutaan rupiah, yang mana masih wajar untuk kelas ini dan cukup kompetitif. Dengan harga yang setara anda bisa menemukan soft-padded material di dashboard dan kepraktisan membuka pintu sliding door dengan gerakan kaki di Nissan Serena C27. Kenyamanan juga masih tetap nomor satu (atau nomor dua??).

Rival:

  1. Toyota Voxy
  2. Mitsubishi Delica
  3. Mazda Biante

Versi Ekonomis:

  1. Nissan All New Livina 2019
  2. Mitsubishi Xpander