Perlukah Kuras Tangki BBM Mobil?

Perlukah Kuras Tangki BBM Mobil?

April 23, 2023 1 By admin

Sebagai wadah utama yang menampung bahan bakar, tangki BBM juga merupakan komponen yang tak kalah penting. Keteledoran dalam merawat tangki bensin juga berdampak pada terganggunya sistem suplai BBM. Tangki bensin yang kotor akan menimbulkan gejala dan dampak yang hampir sama dengan mampetnya filter bahan bakar.

Gejala yang mungkin ditimbulkan salah satunya adalah mesin brebet ketika mesin membutuhkan suplai bahan bakar yang cukup banyak. Hal ini terjadi karena fuel pump tidak bisa mengalirkan bahan bakar yang memadai akibat aliran kotoran yang tertimbun dan menyumbat tangki BBM. Selain itu, penyumbatan ini menyebabkan fuel pump bekerja lebih keras dan lama kelamaan akan rusak.

Yang Perlu Diperhatikam Agar Tangki Mobil BBM Tidak Cepat Kotor

Oleh karena itu, tangki bensin juga perlu dirawat dengan cara dikuras. Kuraslah tangki BBM mobil anda secara berkala, bisa 1-3 tahun sekali agar tidak terlalu banyak kotoran yang mengendap di tangki BBM.

Biaya yang dikenakan untuk pengurasan tangki BBM berkisar antara 400 ribu hingga 800 ribu rupiah, tergantung bengkelnya. Selain itu, perhatikan juga hal-hal berikut agar tangki BBM mobil anda tidak cepat kotor/mampet.

Baca Juga: Kenapa Tangki Bensin Tidak Boleh Kosong?

1. Jangan Biarkan Tangki BBM Sering Kosong

Ketika tangki BBM kosong, dinding tangki akan rentan mengalami korosi. Korosi yang terbentuk pada dinding tangki kemungkinan akan terkikis ketika kita mengisi BBM. Korosi yang terkikis tersebut berpotensi menyumbat saluran pada tangki BBM. Untuk itu, hindari terlalu sering membiarkan tangki BBM kurang dari 1/4 tangki. Jangan menunggu BBM habis untuk mengisi. Jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama, usahakan untuk mengisi BBM terlebih dahulu.

2. Perhatikan SPBU Dimana Anda Mengisi BBM

Perhatikan juga tempat anda mengisi BBM. Usahakan untuk mengindari SPBU yang selalu sepi. SPBU yang ramai umumnya mencerminkan kualitas BBM yang dijualnya. BBM yang kotor akan membuat tangki BBM mobil anda juga cepat kotor.

3. Hindari Mengisi BBM di SPBU yang Sedang Mengisi Bunker BBM

Tekanan dari BBM yang mengalir dari truk tangki ke bunker SPBU akan membuat kotoran yang mengendap di bawah bunker naik ke permukaan. Akibatnya, kotoran ini juga berpotensi tersedot dispenser BBM yang sedang mengisi tangki BBM mobil mobil anda dan mengotorinya.

Baca Juga: Tips Memilih Oli Mesin untuk Mobil

4. Kuras Tangki BBM Secara Berkala

Seperti yang dijelaskan di atas, menguras tangki BBM secara berkala adalah hal yang penting untuk dilakukan dalam merawat tangki BBM. Sebersih apapun BBM yang anda isikan, tetap akan berpotensi menimbulkan korosi atau kotoran yang dapat menyumbat tangki BBM mobil anda.