KOMPARASI HONDA HR-V (1.5L) VS SUZUKI SX4 S-CROSS (FACELIFT)

KOMPARASI HONDA HR-V (1.5L) VS SUZUKI SX4 S-CROSS (FACELIFT)

December 22, 2018 0 By admin

Sejak beberapa tahun lalu, trend crossover mulai merajai pasar, khususnya crossover compact bermesin 1500 cc. Di segmen ini, kita akan bandingkan antara crossover yang laris manis, Honda HR-V (varian 1500 cc) dengan Suzuki SX4 S-Cross, crossover yang pernah sukses pada generasi pendahulunya, Suzuki SX4.

Komparasi Spesifikasi Teknis

Honda HR-V (1.5L) Suzuki SX4 S-Cross
DIMENSI
Panjang  4295 mm  4300 mm
Lebar  1770 mm  1765 mm
Tinggi  1605 mm  1590 mm
Wheelbase  2610 mm  2600 mm
Front Tread  1535 mm  1535 mm
Rear Tread  1540 mm  1505 mm
Ground Clearance  185 mm  180 mm
PERFORMA MESIN
Engine  1.5L L15Z1 SOHC i-VTEC  1.5L M15A DOHC VVT 16
Konfigurasi  4 inline cylinder, 16 valve  4 inline cylinder, 16 valve
Kapasitas  1497 cc  1491 cc
Fuel  Gasoline  Gasoline
Fuel System  PGM-FI  EFI
Tenaga Maksimum  120 HP / 6600 rpm  109 PS/6000 rpm
Torsi Puncak  145 Nm / 4600 rpm  138 Nm/4400 rpm
Konsumsi BBM Dalam Kota  8-12 km/l  8-12 km/l
Konsumsi BBM Luar Kota  12-18 km/l  11-16 km/l
Steering  Rack & Pinion  Rack & Pinion
Transmisi  6-Speed M/T,  CVT  5-speed M/T, 6-speed A/T
Drive System  FWD  FWD
UNDERBONE
Suspensi Depan  MacPherson Strut  MacPherson strut
Suspensi Belakang  H-Shaped Torsion Beam  Torsion beam
Rem Depan  Ventilated Disc  Ventilated Disc
Rem Belakang  Disc  Disc
Velg  17″ Alloy Wheel  16″ Alloy Wheel
Ukuran Ban  215/55 R17  215/60 R16 (facelift)
FITUR UTAMA
Head Unit Touchscreen  8 inch  7 inch
Audio Steering Control  Ada  Ada
Cruise Control  Ada  Ada
Paddle Shift  Ada  Ada
Steering Adjustment  Tilt  Tilt & Telescopic
A/C  Digital Auto  Digital Auto
Sunroof  Tidak Ada  Tidak Ada
Headlight  Full LED  HID Projector
Keyless  Ada  Ada
Airbags  2  2
ABS+EBD  Ada  Ada
Stability Control  Ada  Tidak Ada
HARGA
Varian Termahal  329.5 Juta  281.5 Juta
Varian Termurah  279.5 Juta  268.5 Juta

Komparasi Desain dan Dimensi

Sejak beberapa tahun lalu, trend crossover mulai merajai pasar, khususnya crossover compact bermesin 1500 cc. Di segmen ini, kita akan bandingkan antara crossover yang laris manis, Honda HR-V (varian 1500 cc) dengan Suzuki SX4 S-Cross, crossover yang pernah sukses pada generasi pendahulunya, Suzuki SX4.

Suzuki SX4 S-Cross Facelift

Sejak beberapa tahun lalu, trend crossover mulai merajai pasar, khususnya crossover compact bermesin 1500 cc. Di segmen ini, kita akan bandingkan antara crossover yang laris manis, Honda HR-V (varian 1500 cc) dengan Suzuki SX4 S-Cross, crossover yang pernah sukses pada generasi pendahulunya, Suzuki SX4.

Honda HRV 1.5L E CVT Special Edition Red

Honda HR-V mendulang kesuksesan sejak awal peluncurannya. Meskipun banyak disebut sebagai Honda Jazz yang dimelarkan, Honda HR-V tetap merajai pasar crossover. Selain itu, pada awal batch produksinya, banyak laporan mengenai kaki-kakinya yang berbunyi. Hal ini membuatnya mendapat julukan “mobil problematis yang laris manis” untuk batch awal. Namun, tidak dipungkiri, desainnya memang menarik pada saat itu dengan kesan sporty namun kompak dan praktis. Akan tetapi, saat ini desainnya sudah mulai membosankan apalagi begitu banyak unit HRVV yang lalu lalang di jalanan.

Di sisi lain, awal peluncuran Suzuki SX4 S-Cross sama sekali tidak menarik. Desain khas Eropa pada generasi pendahulunya, Suzuki SX4 X-Over (design by ItalDesign) seakan sirna dan sama sekali tidak meninggalkan jejak. Belum genap 2 tahun, facelift dilakukan dengan desain yang lebih baik, namun masih saja, grille depannya terlalu “berkilau” bagi sebagian orang. Tapi, jika kamu sudah bosan dengan tampang HR-V yang sudah pasaran, Suzuki SX4 S-Cross bukanlah pilihan yang buruk, apalagi dengan plat body yang lebih tebal.

Dibandingkan HRV, velg milik S-Cross 1 inchi lebih kecil dengan tapak ban yang sama. Profil ini membuat ban Suzuki SX4 S-Cross terlihat lebih tebal sehingga nampak kurang sporty. Bicara soal dimensi, keduanya tak berbeda jauh, hanya di kisaran 4.3 meter dengan lebar dan tinggi yang juga hampir sama. Ground clearance keduanya juga hampir sama, namun Honda HR-V 5 mm lebih tinggi.

Komparasi Performa Mesin dan Impresi Mengemudi

Kedua crossover ini mengusung mesin di kelas yang sama, 1500 cc. Meskipun di atas kertas output Honda HR-V jauh lebih besar dibandingkan Suzuki SX4 S-Cross, performanya tak jauh berbeda. Karakter mesin keduanya sama-sama bermain di rpm atas (high-rev). CVT milik Honda HR-V tentu lebih halus dan cukup responsif untuk penggunaan normal, namun 6-speed A/T milik Suzuki SX4 S-Cross terasa jauh lebih enak untuk dibejek. Untuk versi manual, HRV sudah dibekali dengan tranmisi 6-speed M/T.

Karakter suspensi crossover memang didesain lebih keras dari hatchback atau sedan. Namun, jujur saja bantingan Honda HR-V terasa sangat keras. Sedangkan Suzuki SX4 S-Cross memang agak keras dan stiff namun lebih lembut dan nyaman. Bantingannya terasa lebih mahal.

Soal efisiensi, konsumsi keduanya mirip-mirip saja karena memang sama-sama bermesin 1500 cc. Konsumsi BBM dalam kota berkisar 8-12 km/l untuk keduanya. Untuk luar kota, harus diakui transmisi CVT mampu mempertahankan rpm tetap rendah sehingga lebih irit.

Komparasi Fitur

Baik Honda HR-V dan Suzuki SX4 S-Cross memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Honda HR-V menggunakan headlight full LED untuk varian tertingginya yang mirip dengan Honda Accord, sedangkan Suzuki SX4 S-Cross menggunakan HID Projector yang sebenarnya sudah cukup mumpuni.

Honda HR-V memiliki layar head unit yang lebih besar dan sudang dibekali dengan stability control, namun sayangnya pengaturan stir hanya berbekal tilt steering saja sedangkan S-Cross sudah tilt dan telescopic. Keduanya tidak dibekali dengan sunroof (Honda HR-V hanya 1.8L Prestige yang ada, namun tidak kita bandingkan).

Komparasi Harga

Varian termahal dari Suzuki SX4 S-Cross hanya berbeda 2 juta saja dengan varian termurah Honda HR-V. Hal ini menjadikan S-Cross menak telak untuk urusan value for money, meskipun sebenarnya tidak ada pilihan varian trim level, hanya sebatas opsi manual dan matic.

Verdict: Honda HR-V 1.5L vs Suzuki SX4 S-Cross Facelift

Harus diakui Honda HR-V memang tampil lebih sporty, namun, dengan populasi yang terlalu banyak (pasaran) dan tidak pernah mengalami penyegaran yang signifikan, desainnya mulai terasa membosankan. Suzuki SX4 S-Cross cukup layak untuk dipertimbangkan mengingat versi facelift nya cukup memberikan perubahan signifikan untuk facia depan dan velg yang terkesan murahan pada versi prefacelift sudah diganti.

Performa keduanya hampir sama. Point pertimbangan utama adalah pada transmisi dan suspensi. Untuk manual, go for HRV dengan 6-speed M/T-nya. Jika otomatis, CVT tentu lebih halus, namun perpindahan 6-speed geared A/T tentu lebih mengasyikkan. Untuk suspensi, bantingan HRV terlalu keras dan kurang nyaman untuk penumpang.

Dengan fitur yang sedikit lebih unggul, Honda HR-V 1.5L tipe termahal (329.5 Juta) dibanderol jauh lebih mahal dari Suzuki SX4 S-Cross (281.5 Juta). Selisih hampir 50 juta rupiah terlalu jauh. Value for money jelas dipegang oleh S-Cross. Namun, jika memperhitungkan gengsi, seekor Honda yang berani memasang banderol tinggi tentu lebih prestisius dibandingkan dengan seekor Suzuki.