KOMPARASI HONDA FORZA 250 VS YAMAHA XMAX 250

KOMPARASI HONDA FORZA 250 VS YAMAHA XMAX 250

April 1, 2019 2 By admin

Honda Forza dan Yamaha Xmax merupakan skutermatic berbasis sport yang sama-sama menggendong mesin 250 cc dengan satu silinder. Meskipun harganya memang berbeda cukup jauh, keduanya masih layak diperbandingkan dan termasuk rival yang paling dekat.

Tidak seperti skutermatic 150 cc seperti PCX dan Nmax, skutermatic sport bermesin 250 cc masih cukup jarang terlihat di jalanan. Selain harganya yang relatif tinggi, konsumsi BBM mungkin menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen. Selain itu, kebanyakan orang juga beranggapan bahwa mesin 150 cc sudah lebih dari cukup untuk mengantar ke tujuan atau touring.

Pun begitu, sebagian lainnya tentu masih beranggapan mesin lebih besar lebih baik. Honda Forza dan Yamaha Xmax menjadi pilihan yang reasonable untuk motor bermesin 250 cc bertransmisi matic mengingat harganya masih wajar untuk kelasnya. Lantas, manakan yang lebih baik? Apa saja kelebihan dan kekurangan antara keduanya? Simak komparasi Honda Forza 250 vs Yamaha Xmax 250 berikut ini.

Spesifikasi Teknis

HONDA FORZA 250 YAMAHA XMAX 250
ENGINE
Tipe Mesin Liquid Cooled 4-stroke, 250 cc Liquid Cooled 4-stroke, 250 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel Injection (PGM-FI) Fuel Injection
Diameter X Langkah 68 x 68,567 mm 70,0 x 64,9 mm
Tipe Tranmisi Otomatis Otomatis
Rasio Kompresi 10,2 : 1 10.5±0.4 : 1
Daya Maksimum 17,3 kW / 7500 rpm 16,8 kW / 7000 rpm
Torsi Maksimum 24 Nm / 6250 rpm 24,3 Nm / 5500 rpm
Tipe Starter Elektrik Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type Single Dry Clutch
Sistem Pendingin Mesin Pendinginan Cairan Pendinginan Cairan
Kapasitas Tangki BBM 11,5 L 13 Liter
Kapasitas Oli 1,2 L (penggantian periodik) Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L
CHASSIS
Tipe Rangka Under bone type, steel Underbone
Tipe Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Swing arm dengan suspensi ganda Unit Swing
Ukuran Ban Depan 120/70-15M/C 56P 120/70-15M/C 56P
Ukuran Ban Belakang 140/70-14M/C 62P 140/70-14M/C 62P
Rem Depan 256mm disc Disc
Rem Belakang 240mm disc Disc
Sistem Rem ABS ABS
DIMENSION
Panjang 2142 mm 2185mm
Lebar 754 mm 775mm
Tinggi 1472 mm 1465mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm 795mm
Jarak Sumbu Roda 1510 mm 1540mm
Jarak Terendah Ke Tanah 144 mm 135mm
Curb Weight 182 Kg 179 KG
ELECTRICAL
Tipe Baterai Atau Aki 12 V – 8,6 Ah, MF-Wet Type GTZ8V
Sistem Pengapian Full transisterized, battery TCI
Tipe Busi NGK LMAR8A-9 LMAR8A-9
FEATURES
Windshield Adjustable, electric Adjustable, manual
Headlights LED LED
Taillights LED LED
Turning Signal LED Non-LED bulb
Side Mirrors Mount Mounted on body/fairing, with turning sign lamp Mounted on handle bar
Hazard Lamp Yes Yes
Power outlet Available, 12 Volt Available, 12 Volt
Instrument Meter Analog speedometer and tachometer, digital MID Analog speedometer and tachometer, digital MID
Smart Key System Yes Yes
Disc Brakes Both front and rear Both front and rear
ABS Yes Yes
Traction Control Yes, both wheels Yes
PRICE
March 2019, Jakarta IDR 78,000,000 IDR 59,300,000

Dimensi dan Desain

Dengan harga sekitar 78 juta rupiah, Honda Forza 250 menawarkan beberapa keunggulan, salah satunya adalah sektor kelengkapan fitur. Untuk keselamatan, Honda Forza dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Honda Selectable Traction Control. Bedanya, sistem kontrol traksi ini bekerja pada kedua rodanya untuk mengurangi slip pada saat akselerasi.

Desain Honda Forza 250

Yamaha Xmax 250 (Yellow on Black)

Desain Yamaha Xmax 250

Untuk dimensi, keduanya sama-sama berukuran besar dan tentu kurang praktis untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota, khususnya untuk lalu lintas yang padat. Yamaha Xmax memiliki ground clearance yang lebih rendah tetapi tinggi tempat duduk yang malah lebih tinggi. Namun, bisa dipastikan keduanya kurang bersahabat bagi rider dengan tinggi badan kurang dari 165 cm mengingat keduanya memiliki jok yang lebar.

Untuk desain, kembali ke masalah selera. Keduanya memang memiliki karakter desain yang berbeda. Honda Forza menganut aliran desain yang elegan, sedangkan Yamaha Xmax menganut aliran desain yang agresif. Untuk material body, Honda Forza terlihat sedikit lebih unggul dengan plastik yang terasa lebih solid serta perakita yang rapi dengan peletakkan baut-baut yang tersembunyi.

Performa

Bicara soal performa, keduanya mengusung mesin di kelas yang sama, 250 cc satu silinder. Secara performa memang tidak banyak berbeda, namun memiliki karakter akselerasi tersendiri. Respon mesin Honda Forza terasa linear dengan akselerasi yang merata di segala putaran yang membuatnya mampu memenuhi kebutuhan tenaga pada hampir semua situasi. Di sisi lain, Yamaha Xmax terasa sangat responsif dan menggebu-gebu di putaran bawah hingga menengah sehingga lebih mampu diandalkan untuk mendahului di kondisi lalu lintas ramai.

Konsumsi BBM tidak terlalu terasa perbedaan secara signifikan. Namun, untuk kehalusan mesin, Honda Forza terasa sedikit lebih halus dibandingkand dengan Yamaha Xmax.

Kenyamanan dan Handling

Mesin 250 cc terasa cukup responsif dan memadai untuk memenuhi kebutuhan tenaga di jalur luar kota. Didukung dengan berbagai fitur canggih dan fitur keselamatan yang advanced, Honda Forza 250 mampu memberikan kesenangan berkendara lebih bagi pemiliknya.

Honda Forza lebih nyaman dan santai untuk perjalanan jauh.

Yamaha Xmax 250, Cornering

Yamaha Xmax lebih sigap dan lincah untuk bermanuver.

Di kelas ini, karakter suspensi keduanya termasuk dalam kategori keras. Kerasnya suspensi diperlukan untuk menahan beban dari bobot motor yang berat dan untuk mendukung kestabilan ketika dipacu pada kecepatan tinggi maupun ketika menikung.

Honda Forza memang sedikit lebih empuk dan nyaman suspensinya namun tidak terlalu signifikan. Namun, posisi Honda Forza harus diakui terasa lebih santai untuk perjalanan jarak jauh. Untuk handlin sendiri tidak banyak berbeda antara keduanya. Yamaha Xmax memang sedikit lebih sigap untuk bermanuver tapi tetap kurang praktis di jalanan berlalu-lintas padat.

Fitur dan Harga

Fitur dan harga, inilah yang biasa menjadi pertimbangan utama disamping performa. Bicara soal fitur, tentu saja berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Honda Forza dengan banderol harga OTR hampir 80 juta rupiah (maret 2019), dibekali dengan fitur lebih yang tidak dimiliki oleh Yamaha Xmax. Salah satunya adalah electric adjustable windshield. Windshield milik Honda Forza bisa diatur dengan praktis secara elektrik. Yamaha Xmax juga juga bisa diatur windshield-nya, namun masih manual dan kurang praktis. Meskipun sama-sama memiliki speedometer dan tachometer analog yang dipadukan dengan MID digital, milik Honda Forza terkesan lebih modern dan menarik serta menampilkan informasi yang lebih lengkap.

Untuk sektor keselamatan, keduanya sudah menggunakan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, dan traction control. Namun, traction control milik Honda Forza diklaim lebih efektif karena mampu mengendalikan traksi pada ban depan juga.

Verdict: Honda Forza 250 VS Yamaha Xmax 250

  1. Keduanya sama-sama berukuran bongsor dengan karakter desain yang berbeda. Honda Forza bernuansa elegan, sedangkan Yamaha Xmax lebih ke arah agresif.
  2. Honda Forza memiliki build quality yang sedikit lebih solid dan rapi dengan baut-baut yang rapi tak terlihat secara langsung.
  3. Karakter mesin Honda Forza lebih halus dan tenaganya merata pada semua putaran, sedangkan untuk Yamaha Xmax, tenaga mesin sangat melimpah di putaran bawah hingga menengah meskipun pada putaran atas masih kalah dengan Honda Forza.
  4. Honda Forza sedikit lebih nyaman dengan suspensi yang lebih empuk meskipun masih tergolong keras juga. Sedangkan Yamaha Xmax terasa lebih sigap untuk bermanuver.
  5. Dengan selisih harga yang cukup banyak, Honda Forza yang lebih mahal dibekali dengan fitur yang unggul dibandingkand dengan Yamaha Xmax.

Spesifikasi Lengkap:

Skutermatic Serupa Bermesin 150 cc: