Fungsi Intercooler pada Mesin Turbo

Fungsi Intercooler pada Mesin Turbo

February 2, 2023 2 By admin

Kita bahas lagi sepintas mengenai turbo. Turbo menggunakan tenaga dari gas buang melalui exhaust untuk memutar turbin yang terhubung pada kompresor untuk memampatkan udara dan memasukkan secara paksa ke ruang bakar (force induction).

Pemampatan udara yang dimasukkan ke ruang bakar oleh turbo ini memiliki suhu yang sangat tinggi, hingga ratusan derajat celcius. Udara panas memiliki kepadatan yang kurang sehingga partikel oksigen yang terkandung lebih sedikit. Untuk mengantisipasi hal ini, dibuatlah intercooler untuk mendinginkan udara yang disuplai dari turbo.

Memahami Fungsi Turbo Intercooler

Apa itu turbo intercooler? Intercooler dipasangkan pada turbocharger atau supercharger di bagian depan mobil, biasanya di depan atau di bawah radiator. Bentuknya berupa jalur-jalur mirip radiator yang memiliki pipa yang terhubung dari kompresor turbo ke intake manifold.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Turbocharger pada Mobil

Udara bebas yang disedot oleh turbo akan dimampatkan sehingga suhu udara tinggi. Karena suhu tinggi menyebabkan kepadatan udara berkurang sehingga partikel oksigen lebih sedikit, maka harus didinginkan oleh intercooler. Fungsi intercooler yaitu untuk mendinginkan udara yang dimampatkan tadi untuk meningkatkan kepadatan udara sehingga partikel oksigen lebih banyak.

Cara Kerja Turbo Intercooler

Bagaimana cara kerja turbo intercooler? Prinsip kerja intercooler hampir sama dengan radiator. Bedanya, radiator mendinginkan coolant untuk menjaga suhu mesin, sedangkan intercooler mendinginkan suhu udara yang terkompresi.

Baca Juga: Masalah Umum pada Chevrolet Captiva dan Solusinya

Udara yang terkompresi oleh turbo tidak langsung dialirkan ke intake manifold, melainkan disalurkan ke intercooler terlebih dahulu. Udara yang terkompresi tadi dilewatkan sebuah jalur-jalur kecil sehingga pelepasan panas terjadi lebih cepat. Pendinginan juga dibantu oleh angin ketika mobil melaju atau melalui kipas.

Setelah didinginkan oleh intercooler, udara akan langsung disalurkan ke intake manifold dan menuju ke ruang bakar untuk proses pembakaran yang lebih baik.