Cara Melakukan Italian Tune-up yang Benar

Cara Melakukan Italian Tune-up yang Benar

April 2, 2023 0 By admin

Istilah Italian Tune Up memang berasal dari Italia. Disana cukup banyak driver yang suka kebut-kebutan dan bejek gas dalam-dalam. Dari situlah istilah Italian Tune Up terlahir, karena memang cara melakukannya mirip dengan yang dilakukan pada driver Italia yang suka kebut-kebutan.

Apa manfaat Italian Tune Up? Italian Tune Up dilakukan dengan maksud untuk mengilangkan atau mengurangi kerak karbon yang tertimbun di ruang mesin. Dengan mengoperasikan mobil pada putaran mesin yang tinggi, suhu di dalam mesin akan meningkat dan diharapkan agar kerak karbon terbakar dan keluar melalui exhaust. Kerak karbon yang menumpuk banyak dapat mengurangi performa mesin secara signifkan. Selain itu, konsumsi BBM juga menjadi lebih boros. Pada kasus yang parah, kerak karbon dapat juga menggores dinding silinder yang mengakibatkan bocornya kompresi dan ikut terbakarnya oli mesin.

Bagaimana Melakukan Italian Tune-up?

Italian Tune-up secara umum adalah membuat mesin meraung pada rpm tinggi di jalan yang relatif aman. Keamanan harus menjadi prioritas utama dalam melakukan Italian Tune-up. Berikut langkah sederhananya.

  1. Lakukan di jalanan yang sepi dan pastikan aman dari kendaraan lain.
  2. Usahakan mematikan AC untuk menghindari kemungkinan kompresor AC atau komponen AC bekerja terlalu keras.
  3. Ketika mulai jalan dengan gigi satu, injak pedal gas hingga rpm 5000-6000 (mendekati redline).
  4. Tahan hingga 2-3 detik, kemudian masukkan ke gigi 2, dan ulangi proses tersebut hingga top gear atau secukupnya.
  5. Safety comes first. Hentikan Italian Tune Up jika kondisi mulai ramai atau tidak aman.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin Bensin (Gasoline Engine) dan Karakteristiknya

Perlukah dilakukan secara rutin?

Sering menggunakan mobil pada rpm rendah atau dalam kemacetan, menyebabkan kerak karbon cepat menumpuk. Italian Tune Up diharapkan menjadi solusi untuk masalah kerak karbon. Lakukan sekali dalam seminggu atau dua minggu.

Adakah alternatif lain selain Italian Tune Up?

Untuk menghilangkan/mengurangi kerak karbon bisa juga dengan carbon clean baik melalui lubang busi, ataupun melalui pencampuran pada BBM, tentunya dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli cairan carbon cleanernya. Cara lain yang lebih ekstrim tapi hasilnya baik adalah membongkar mesin dan membersihkannya secara manual.

Kerak karbon pada tingkat tertentu bisa dirontokkan dengan italian tune-up.
Kerak karbon pada tingkat tertentu bisa dirontokkan dengan italian tune-up.

Bagaimana dengan mobil matic?

Italian Tune Up juga bisa dilakukan pada mobil matic. Beberapa orang berpendapat memindahkan tuas perseneling matic secara manual. Namun beberapa lainnya, beranggapan bahwa cara tersebut dapat memperpendek umur transmisi dan lebih baik di D saja untuk berjaga-jaga. Intinya, menggeber mobil pada rpm tinggi agar suhu meningkat dan kerak karbon keluar.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Turbocharger pada Mobil

Kalau mobil diesel bagaimana?

Untuk mobil diesel sebenarnya TIDAK disarankan untuk melakukan Italian Tune Up. Mesin diesel tidak dirancang untuk digunakan pada rpm tinggi. Selain itu, mobil diesel memiliki kompresi yang tinggi dan memiliki suhu operasional yang tinggi juga. Memaksakan rpm tinggi pada mesin diesel dapat memperpendek umur mesin, membuat overheat, atau bahkan membuat mesin diesel jebol.

Bagaimana dengan motor? Italian Tune Up juga bisa dilakukan pada motor. Cara melakukannya sama dengan langkah-langkah pada mobil. Hasilnya pun juga sama.